Kamis, 26 Januari 2012

AKUNTANSI

Definisi Akuntansi
Secara Definisi, Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, penggolongan, penyortiran, pengikhtisaran dan penyajian transaksi keuangan (informasi ekonomi), sehingga dapat dilakukan penilaian dan pengambilan keputusan oleh pemakai informasi tersebut.

Tips : Saat Anda mempelajari bagian ini, Anda tidak perlu merasa bingung saat menemukan istilah atau teori yang sulit, karena dalam Zahir Accounting Anda akan lebih banyak menginput data menggunakan form yang serupa dengan dunia nyata. Jika Anda mulai menemukan kesulitan tentang bagaimana membuat transaksi dan menemukan kasus-kasus khusus dan spesifik, maka pelajarilah teori akuntansi lebih mendalam dari buku-buku akuntansi yang banyak beredar di pasaran.

Rekening

Rekening adalah pos-pos yang digunakan untuk menyimpulkan seluruh kenaikan dan penurunan untuk harta tertentu, seperti kas, atau harta lain, hutang dan modal, pendapatan dan biaya.

Rekening disebut juga sebagai akun, atau perkiraan atau account (dalam bahasa Inggris)

Contoh rekening yang paling sederhana adalah rekening tabungan Anda dibank. Namun dalam akuntansi lebih banyak lagi rekening - rekening lain, seperti rekening piutang usaha, persediaan, modal, dll...

Open in new window

Penggolongan Rekening

Pencatatan transaksi ini digolongkan ke dalam kelompok rekening yang sesuai agar dapat dibuat ringkasan, yang kemudian disajikan ke dalam bentuk laporan keuangan. Lihat penjelasan Data Akun dan Klasifikasi Akun

Jurnal

Jurnal adalah rekaman dari suatu transaksi keuangan yang dibuat berdasarkan urutan kejadiaannya, informasi yang diperlukan dalam membuat jurnal adalah rekening yang menjadi bagian transaksi, nilai transaksi debit atau kredit. Contoh jurnal yang paling sederhana adalah jurnal umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar